Minggu, 09 Mei 2010

kenapa band indie cepet bubar.

Ngomongin soal musik dan band emang ga pernah ada matinya. kemarin disela2 acara buka puasa bersama dgn teman-teman 1 komunitas, muncul obrolan dengan topik di atas... bukan obrolan serius, hanya obrolan ringan yang mengalir begitu saja seperti air.

Cetusan pertama berupa Kenapa ya ada band bagus dalam artian punya karya yang bagus, konsep yang bagus, Personil yang skillnya juga bagus, tapi kowq bubar ya?

Kita musti lihat, manajemennya bagus ga? jangan-jangan manajemennya yang kacau, jabatan manager yang diemban cuma dijadikan formalitas biar gaya, biasanya manager model gini di hire berdasarkan pertemanan. Hasilnya? job gak ada, personil akhirnya males untuk eksis, walhasil bandnya bubar.

Ada band bagus, karya yang bagus, konsep bagus, salah satu personil merangkap leadernya nya cukup eksis, dikenal banyak orang, job mulai banyak meskipun rata-rata dibayar dengan rasa pertemanan, selalu gonta-ganti manager karena nyari yang bener-bener mau bekerja untuk band tanpa imbalan finansial susahnya amit-amit banget, meskipun akhirnya ga ada manager. Akhirnya personil capek sendiri, sering manggung tapi timbal baliknya 'just say thanks' doang, cuma dapat kepuasan batin aja, trus band nya bubar juga.

Ada band bagus, karya yang bagus, konsep bagus, salah satu personil merangkap leadernya nya cukup eksis dikenal banyak orang, job mulai banyak, punya manager, karena bandnya bagus, selalu pasang harga tinggi, ga mau main di even gratisan walaupun sekedar untuk promosiin nama bandnya sendiri, sekali dua kali berhasil, tapi lama kelamaan orang mulai jengah, belagu banget sih nih band, meskipun lagu-lagu baru banyak, tetap ga mau nurunin harga, akhirnya bandnya mulai jarang manggung, dan bubar jalan.

Ada band biasa saja, baik itu karya maupun konsepnya, punya manager handal, bahkan personilnya ga perlu sampai ikut-ikutan promosi, semua adayang ngerjain. Sistem manajemen band sudah selayaknya band besar, Selain ada manager, juga ada manager keuangan, Road manager, Crew staff lebih dari 5 orang, ada yang khusus ngurusin wardrobe, dll. Tapi karena karyanya yang biasa saja dan permintaan manager yang ga mau bandnya gratisan bahkan harga yang terlalu tinggi, ya..namanya juga harus ngasih makan team management yang banyak itu.. namun diimbangi dengan kualitas permainan yang biasa saja maka bandnya sepi job, jarang manggung, akhirnya personilnya cabut satu persatu, dan bandnya bubar juga.

Ada band yang jeeleeek banget, baik dari segi musik maupun kualitas permainan, pokoknya nggak banget dech..tapi punya manager yang handal, selalu bisa ngelobi untuk bandnya tampil, dengan bayaran fleksibel, yang penting dapet duit, dan bandnya tetep eksis, sampai akhirnya pemikiran manager berbalik, semakin jelek band ini, semakin buruknya rumor yang beredar di masyarakat jutru semakin melambungkan nama band, dan anehnya semakin eksis pula mereka dari panggung ke panggung.
Kenapa bisa kaya gitu ya?

Ada band yang karyanya bagus, jenis musiknya juga oke, kualitas permainan personilnya juga bagus, Personil & Manajemen sudah solid Banget, Manajemennya Full lengkap dengan struktur organisasi & orang2 yang berkompeten dibidangnya, Job banyak banget, Fan base mantap abies..benar2 fans yang rela ngerogoh kocek demi nonton idolanya, Album yang di rilis selalu habis walau indie dan hanya di distribusikan lewat distro2. Sponsor? lengkap mulai dari sponsor tiap bikin event, sponsor wardrobe, slat musik... Nah.... ini sih ga usah ditanya lagi... pasti pada pengen punya band yang seperti ini khan??? :)

Oke deh kalau emang itu yang diinginkan. Sebenernya mana yang harus didahulukan dalam sebuah band? Dibawah ini adalah petikan dari perdebatan kita saat itu

Karya yang bagus?
kenapa band-band terkenal pasti personilnya rata-rata sudah berumur? apakah umur yang matang baru membuat mereka menghasilkan karya yang bagus?

Eksistensi personil?
gue eksis di temen-temen seumuran, tapi tetep aja band gue gak maju-maju, mau buat acara mahal modalnya, nyewa alat, tempat, segala macem, cari sponsor? duh hari gini mana mau ada yang ngasih duit. (percakapan dg Azis Dapur di Box Chat kemarin juga membahas ini sedikit)

Skillfull player?
Yah, orang-orang yang ber-skill gak mau diajakin susah, mereka maunya langsung major label, dapet produser, trus dibayar gede

Cari manager yang bener-bener mau susah sama-sama, pontang-panting, kukurilingan sana sini, bahkan bikin CD demo + Profile band pun pakai modal pribadi dulu.
emang ada orang kaya gitu? kalo pun ada pasti jarang banget, yang mau jadi manager band baru pasti temen-temen sendiri, itu juga banyakan cuma buat gaya-gayaan biar dibilang keren.

Fans base yang kuat?
klo fans basenya temen-temen doang gmana? Klo pun ada orang luar yang nonton itu pasti acara gratisan, klo pake tiket box, yang dateng sepiiiiiiii banget..yang kalo tu acara di buat dengan modal sendiri sudah pasti dijamin rugi...sementara sekarang live music gratisan dgn artis ngetop khas major label udh bertaburan..pake acara kemungkinan kita di shoot masuk tivi lagi..lihat aja kayak acara Dahsyat, Inbox ataw Dering.

Merilis album?
Brapa duit tuh? minta duit buat sewa studio aja susah bener keluarnya..ditambah lagi ini bukan jaminan, karena perlu dipikirin juga biaya promo & distribusinya. :(

Performance fee?
Diajak maen aja udah syukur, tapi kalo dipikir lagi males juga gini-gini terus, ongkos bensin gak ada, makan aja kadang gak dapet, klo mau nolak malah ntar band gue gak diajak maen lagi,
yang lain berkata, band gue udah rilis album, masa maen gak dibayar? Klo pun dibayar kok cuma segitu sih?

Lalu solusinya?
Memang musik itu berasal dari hati, tapi kadang-kadang seseorang bisa jenuh bukan?
Semua pasti menuntut sesuatu yang lebih baik, minimal ada timbal balik, karena semua ini adalah take and give menurut saya.

Hal seperti ini yang membuat kebanyakan band (terutama indie) tidak bertahan lama, dan akhirnya bubar.

Atau mungkin harus melakukan seperti kebanyakan teman-teman bekerja sambil bermain band, jadi jadikan band itu sebagai sampingan / hobby?

Saya sendiri belum bisa memberikan solusi terhadap perdebatan teman-teman saya diatas, karena semua tidak datang begitu saja.

Yang jelas, jika kita ingin membangun impian kita, pasti sangat dibutuhkan kerja keras, kerja cerdas dan pengorbanan yang tidak sedikit.

Perih, keringat, tangis dan airmata yang jatuh saat dalam perjalanan menuju impian nantinya akan terbayar dan menjadi cerita indah di saat kesuksesan telah di genggam.

Yang penting konsisten dan tidak mudah menyerah. Lakukan yang terbaik, biar sisanya Allah yang mengatur.
salam musik
post; prazz tyo

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Fajri Alhadi | Published by Template Dyto Share.us | Download Film Terbaru
Sisi Remaja Ebook Teknisi Komputer